Diri sendiri aman , orang lain juga aman bersama safety riding

24 Dec 2010

Memasuki hari raya dan akhir tahun seperti ini sudah bisa di tebak , apalagi kalau bukan macet . Hal ini sudah menjadi rutinitas kita , kegiatan musiman atau bahkan rutinitas sehari hari malahan . Di tengah tengah kemacetan seperti ini , mata kita seolah di telanjangi oleh tindakan pelanggaran lalu lintas . Ironisnya , tindakan pelanggaran seperti itu adalah faktor utama terjadinyakecelakaan lalu lintas dan itu murni faktor manusiawi . Dan yang perlu di garis bawahi , perbandingan jumlah pelanggaran lalu lintas lebih besar ketimbang pengendara tertib lalu lintas . Alhasil , kesempatan rawankecelakaan lalu lintas sangatlah besar .

Kalau sudah celaka , siapa juga yang merasakan ? . Mending kalau cuman seorang yang di rugikan , bagaimana jika melibatkan orang lain juga ? .Sudah semestinya kita memikirkan keselamatan orang lain juga . Saya rasa tidak terlalu ribet kalau kita lebih mengindahkansafety riding , toh juga untuk keselamatan kita sendiri . Diri sendiri aman , orang lain aman .

Sebentar lagi malam tahun baru tiba . Pada peristiwa yang seperti ini saya sering di sajikan pemandangan pengendara motor ugal ugalan , tanpa lampu depan ataupun belakang , kebut kebutan secara berkelompok tanpa helm , dan tidak sedikit juga beberapa di antara mereka harus masuk liang kubur karena ulahnya itu . Mungkin akan berbeda cerita kalau istilah kata safety riding lebih di perhatikan . Setidaknya mampu mengurangi resiko terjadinyakecelakaan lalu lintas yang dapat menggeret orang lain juga .

Berdasarkan pengamatan mata telanjang saya , dari korbankecelakaan lalu lintas yang parah atau bahkan merenggut nyawa , lebih di dominasi dari mereka yang kurang kesadaran mengenaisafety riding atau keamanan berkendara . Sebelum semua itu terjadi , kita bisa mencegah atau menghindarinya sejak dini dengan mempraktekkan keamanan saat berkendara dengan benar . Di mulai dari kita sendiri dan untuk orang lain juga . Dan satu hal lagi , kita tidak tau kapan musibah menimpa . Jadi , mematuhi rambu rambu lalu lintas dan mengindahkansafety riding tidak hanya ketika ada petugas polisi lalu lintas atau razia saja .

Mungkin ketika malam tahun baru tiba nanti akan jarang tampak petugas polisi lalu lintas , tapi bukan berarti kita aman dari musibah atau kecelakaan . Kapanpun dan di manapaun mesti berhati hati saat berkendara .Waktu malam , peranan lampu padakendaraan kita sangat berpengaruh . Kalau salah satu dari lampu penerangan padakendaraan ada yang kurang , segera lengkapi . Baik lampu penerangan depan ataupun belakang . Masalah lampu penerangan padakendaraan seperti ini mungkin kelihatanya sepele . Tapi urusannya akan geger kalau kita di tabrakkendaraan lain karenakendaraan kita tanpa lampu penerang saat malam , khususnya tahun baru nanti . Untuk mencari amannya , tidak ada salahnya kita mengindahkan tata tertib lalu lintas ,safety riding , dan hal hal lain untuk keselamatan diri kita sendiri atau orang lain . Diri sendiri aman , orang lain juga aman bersama dengansafety riding .


TAGS blogger for safety riding


-

Author

Follow Me