Gunpo Fc dan Festival kebudayaan

23 May 2011

guno16

Apa yang pertama kali muncul di benak kita ketika menyebutkan kata ” TKI ” ?. Kerja , kerja , dan terus menerus bekerja ? . Pernyataan seperti itu sepenuhnya kurang tepat . Sebuah klub sepak bola Gunpo Fc , secara keseluruhan anggotanya adalah tenaga kerja Indonesia Korea Selatan . Kegiatan gunpo Fc di sini tidak hanya bergerak di dunia sepak bola saja , tetapi juga meliputi sosialisasi peraturan dan perlindungan buruh migran , travel , dan festival kebudayaan . Contoh kecil saja pada kegiatan 2 minggu terakhir ini yakni berpartisipasi pada festival kebudayaan di Universitas Kyung Hee dan festival kebudayaan yang di selenggarakan oleh shelter bersama ICC Ansan di Gwangju hari minggu kemaren . Kegiatan semacam ini sudah di lakoni Gunpo Fc selama 11 tahun terhitung dari 15 Mei 2000 . Sedangkan untuk markasnya sendiri , terletak kurang lebih 20 meter dari stasiun Gunpo .

Festival kebudayaan Universitas kyung Hee

Pada agenda acara festival kebudayaan di Universitas Kyung Hee hari minggu 15 Mei 2011 kemaren yang sekaligus bertepatan dengan hari lahirnya Gunpo Fc , Gunpo Fc di tunjuk sebagai salah satu panitia festival . Di samping dscn0232jjksebagai panitia , Gunpo Fc juga turut sumbang sih berpartisipasi dengan menampilkan tarian bala dewa dan alunan lagu khas Indonesia . Yang membuat sangat berkesan di sini , selama festival berlangsung hampir secara keseluruhan anggota Gunpo Fc memakai baju batik . Sebelumnya kita semua tahu bahwa batik merupakan salah satu hasil kebudayaan Indonesia yang keberadaanya di akui di dunia International . Dengan memakai batik ini , menunjukkan simbol rasa besarnya nasionalisme TKI , menunjukkan kentalnya rasa kebersamaan dan gotong royong sesama TKI di Korea Selatan .

Adapun visi dan misi dari festival kebudayaan di Universitas Kyung Hee ini adalah untuk memperkenalkan kebudayaan kita ( Indonesia ) kepada warga Korea Selatan dan warga lainya . Tentunya juga festival semacam ini akan menarik wisatawan asing khususnya Korea Selatan untuk berkunjung ke Indonesia .

Festival Kebudayaan Gwangju

Minggu 22 Mei 2011 tim Gunpo Fc menghadiri undangan sebuah festival kebudayaan yang di selenggarakan oleh shelter bersama dengan ICC Ansan di Gwangju . Tim Gunpo Fc berangkat dengan jumlah rombongan 1 bus atau kurang lebihnya 45 orang . Peserta dari festival ini meliputi Indonesia , Mongolia , China , Vietnam , Sri lanka , dan philipine . Kurang lebihnya 10 band Indonesia ikut meramaikan festival ini , belum termasuk band dari negara lainya . Sebagai pembukaan , Miracle band tampil dengan lagu Korea ” ??? ? ?? ???? ( sarami kot boda areumdabda ) ” dan lagu ciptaanya sendiri yang sudah di rilis 6 bulan dengan judul ” Sahabat ” .

Acara festival kebudayaan di gwangju ini juga menyediakan layanan posko Free medical service , Consular affairs service , Labor Low Consulting , Integrated Field Service Center dan HRD Korea . Mengenai visi dan misi festival ini sendiri adalah untuk mensosialisasikan penyelesaian masalah tenaga kerja . Contohnya penunggakan gaji oleh majikan terhadap pekerja , perlakuan tidak adil oleh pihak perusahaan terhadap pekerja dan lain sebagainya .

Dengan kegiatan kegiatan positif seperti di atas , di harapkan Gunpo Fc mampu melebarkan sayap khususnya di dunia sepak bola , mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia TKI di Korea Selatan dan bukan hal yang tidak mungkin seandainya mencetak mental pengusaha yang siap bersaing di era global ini .

Kepengurusan Gunpo Fc :

  • Ketua : Sujiyanto
  • Wakil Ketua : Muchid Hidayat
  • Pembina : Sujiyono
  • Penasehat : Mujiyanto
  • Bendahara 1 : Totok Sulianto
  • Bendahara 2 : Irwanto
  • Sekretaris : Khoirul Huda


TAGS luar negeri TKI Korea TKI di Korea Selatan Dunia sepak bola di korea selatan Aktifitas TKI di korea selatan review ICC Ansan icc-kr.com


-

Author

Follow Me